Sumbang Artikel Di Sini

Memandangkan isu halal dalam makanan/minuman, produk harian, kosmetik dan sebagainya tekah menjadi isu sejagat amnya dan isu umat Islam di Malaysia khususnya, produkhalal sangat mengalu-alukan sebarang artikel yg relevan utk dikongsi bersama.

Copy n paste kan di ruangan comment di bawah dan sertakan nama anda. Sekiranya artikel itu mempunyai sumber, sila sertakan bersama.

produkhalal tidak akan menyiarkan sebarang artikel yg tiada kena mengena dgn isu yg disebut di atas atau yang tidak mempunyai nama pengirim atau sumber yang meragukan.

Terima kasih

40 Responses

  1. Restoran Yang Mencantumkan Logo Halal Tapi Tak Punya Sertifikat Halal
    Ditulis pada September 11, 2008 oleh imbalo | Sunting

    Berani-berani mencantumkan logo halal, tapi tak mempunyai sertifikat halal, hati2 lho bisa kena denda 5 miliar rupiah atau kurungan 2 tahun penjara, itu melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen no 8 tahun 1999 pasal 8 item h.

    Buat Iklan berbuka bersama di koran mencantumkan logo halal, tetapi tak berproduksi secara halal, namanya mengelabui masyarakat. hukuman nya miliaran rupiah.

    Marak iklan berbuka bersama di restoran dan hotel-hotel berbintang. tetapi restoran dan hotel itu tak mempunyai sertifikat halal, hanya 3 hotel di Batam yang mempunyai sertifikat Halal, yaitu Hotel Haji , Hotel Nagoya Plaza, Hotel Virgo. lainnya diragukan kehalalan nya , tetapi ramai lho orang muslim yang makan dan berbuka disitu, pak haj, dan buk haji yang pagi nya berpuasa makan enak disitu.

    http://imbalo.wordpress.com/page/2/

  2. Aroma Roti di Bulan Puasa di Word Trade Centre Singapura
    Ditulis pada September 2, 2008 oleh imbalo | Sunting

    Hari pertama ramadhan 1429 H yang bertepatan juga dengan 1 September 2008 M, jamak kalau banyak yang lupa kalau kita saat itu sedang berpuasa, maklum lah hari pertama.

    Mungkin karena memang aroma roti yang menusuk hidung, membuat seorang ibu yang sedang shoping di word trade centre (WTC) tak menyadari kalau dia sedang berpuasa, ibu itu pasti dah seorang muslima terlihat dari pakaiannya, seorang muslimah dengan tidak sangat terlihat kalau di Singapura dari cara berpakaian.

    Sebelah ujung pintu keluar sebelah kiri dari WTC Singapura setelah pintu pemeriksaan kedatangan ada gerai roti yang memang memasak roti nya di tempat itu juga, Bread talk, aroma roti yang sedang di panggang itu tercium sampai pintu sebelah kanan dari WTC arah ke pintu masuk MRT, menjelang petang di hari puasa pertama bau aroma roti itu sungguh membuat selera, itu mungkin yang juga dialami oleh seorang ibu yang berpakain muslimah tadi.

    Dengan senyum di kulum lengkap dengan pakaian seragam seorang penjaga di toko roti Bread Talk itu menayakan apa yang bisa di bantu, kalau dari raut wajah nya kelihatan tampang melayu, tapi mungkin karena di toko roti Bread Talk dia tak memakai busana muslim.

    Sebenarnya kami hanya ingin memastikan bahwa gerai Bread Talk yang ada di Singapura pun juga tidak mencantumkan logo Halal, “tidak, terima kasih hanya ingin melihat-lihat saja” kataku kepada penjaga toko itu, sambil berlalu menuju ke toko roti lain yang ada persis di depan toko roti itu.

    Ke depan dari dari toko Bread Talk ada toko roti lagi, Breadtalk di Batam bermacam ragam roti yang di pajang di toko itu, ibu yang berbaju muslimah tadi juga menghampiri toko roti itu, seorang pelayan menghampirinya dengan membawa nampan yang berisi contoh hampir semua jenis kue dan roti yang ada di jual disitu, dengan lidi runcing seperti biting, salah satu contoh kue di tusuk dan diberikan untuk di coba kepada si ibu tadi, si ibu mengambil dan memakannya, “Bu tak puasakah” sergah ku yang kebetulan berdiri di samping nya memperhatikan apakah ada logo halal di toko roti itu.

    “Astagfirullah” ujar siibu sembari meludahkah makanan yang sempat dah masuk ke mulut nya, “iya iya saye puase” kata siibu tadi sambil mengucapkan terima kasih dah di ingat kan. “Sering beli roti disini bu” tanya kami lagi, ibu tadi tak menjawab tapi menjeling kearah kami, karena kami katakan bahwa roti ini tak mencantumkan logo halal, “ini toko roti Indonesia, mestilah halal” ujar ibu tadi karena dari nama toko nya saja “BENGAWAN SOLO” .

    Jadi tak berapa jauh dari gerai roti BREAD TALK ada toko roti lagi yang bernama BENGAWAN SOLO, karena dari nama nya yang berbau Indonesia yakinlah si ibu tadi kalau produk yang dihasilkan oleh toko roti tadi sudah halal. ironis ya. Akhirnya Logo Halal Breadtalk di Copot

    Hal ini pun tak terkecuali terjadi di toko roti di Batam, ratusan pendatang terutama dari Singapura yang mengunjungi Batam setiap minggu nya, mereka tahu kalau Bread Talk di singapura tak halal, tetapi mereka membeli Roti dari gerai Bread Talk yang ada di Batam, mereka tahunya kalau di Batam alias Indonesia roti dan makanan yang dijajahkan tak masaalah, karena Indonesia mayoritas muslim, puluhan ibu2 yang berpakain muslim menyerbu memenuhi gerai Bread Talk di Mega Mall Batam Center, letak gerai Bread Talk yang stategis dekat dengan terminal ferry Batam Center, sambil pulang ke Singapura dari kunjungan ke Batam mereka biasa nya membawa pulang roti2 yang ada di Mall itu.

    Tapi setelah kami beritahu Bread Talk di Batam pun tak punya sertifikat halal,Sertifikat Halal Menurut Breadtalk, Pongah Arogan Ujung-Ujungnya Duit mereka terperangah. Sambil pandang memandang yang terlanjur membeli merasa terkecoh, dan meliirik toko roti yang ada di samping Bread Talk di Batam J.Co yang menjual donuts , sami mawon tak begitu penting harus mencantumkan logo halal, toh yang membeli banyak.

    http://imbalo.wordpress.com/page/2/

  3. Hari Pertama Puasa dan Buah Kurma
    Ditulis pada September 1, 2008 oleh imbalo | Sunting
    Hari pertama puasa tahun ini 1 September 2008 bersamaan dengan 1 Ramadhan 1429 H, hampir seluruh umat islam di Indonesia melaksanakannya, kecuali ada beberapa puluh penganut “aliran” di Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat, katanya telah melaksanakan lebih awal.

    Rencana pagi senin (1/9) akan bertemu dengan Abdul Basyit, malam sebelum nya dia menghubungi ku ingin berbincang-bincang tentang sekolah, petang minggu Abdul Hamid pula menghubungi ku tentang sekolah swasta di Batam yang megap-megap karena kesulitan murid, Abdul Basyit Ketua Banser Batam, Abdul Hamid pula wartawan Batam Pos, masih group Jawa Pos.

    Pagi senin pukul 8, Andi dari PLN Batam menghubungi ku menayakan buah Kurma, karena setiap tahun di bulan ramadhan kami menjual kurma segar, kurma segar dulu didatangkan langsung ke Batam oleh Asman Abnur , sekarang Asman Abnur menjadi Bendahara PAN di Jakarta, gak tahu apakah dia masih mengimport langsung kurma dari timur tengah, sejak dia jadi orang gak pernah lagi kami bertemu apalagi berbincang-bincang seperti dulu sewaktu dia ”minta” KTA Muhammadiyah.

    Karena terlanjur jadi penyedia kurma segar dadakan, banyak teman yang pesan kurma ke kami, termasuk Andi dari PLN Batam tadi, terkadang kurma itu dibawa langsung oleh teman yang tinggal di singapura, berupa barang tentengan, dari Singapura ke Batam by Ferry 20 kg bisa masuk kargo , selebih nya 20 kg pula di kenakan biaya 1 dollar sin perkilonya.

    Kalau dari Batam teman tadi membawa manisan atau asinan buah ke Singapura, di Batam membeli asinan atau manisan buah tadi di seputaran Nagoya, terkadang mencapai 30 kilo yang dibawa nya, bermacam-macam ragam dari mulai mangga, kedondong, salak, buah cermai.

    Di Batam pun dia sering ku lihat membeli barangan keluaaran Ahad Net, produk yang semuanya mempunyai label halal. Disamping untuk dipakai sendiri, barangan itu pun pesanan teman-teman yang lain. Orang Batam tak begitu peduli dengan kosmetik yang dipakai nya, apakah mengandung mercury , atau plasenta babi.

    Karena ada pesanan dari Andi dan beberapa teman lain hari ini pun hari permulaan puasa aku ke Singapura, karena teman yang di singapura tak bisa datang, tiket pulang pergi batam singapura 27 dollar sin melalui Batam center, tax dari singapura sebesar 21 dollah sin. harga 1 doz per 5 kilo kurma segar 90 dollar sin naik MRT dari WTC ke Jurong di tempat distributor kurma itu paling tidak mengeluarkan uang 6 dollar lagi, hitung lah kalau kita hanya membeli 1 dos per 5 kilo berapa 1 kilonya? kurs rupiah di tukar di Money Changer hari ini 1 september 2008 rp. 6.550 per dolar singapura.

    Sebelum Juhur berangkat ke Singapura , menjelang berbuka dah sampai kembali di muara pelabuhan Batam Center, azan dah terdengar menandakan berbuka puasa, dengan 5 dos kurma barhi @ 5 kilo dan 4 dos @ 10 kilo jenis bayani, dates-dates dari perkebunan di timur tengah sana konon ikut ku pasarkan di Batam.

    http://imbalo.wordpress.com/page/3/

  4. Sertifikat Halal Menurut Breadtalk, Pongah Arogan Ujung-Ujungnya Duit
    Ditulis pada April 16, 2008 oleh imbalo | Sunting

    Sertifikat Halal menurut Humas Penjual Roti Breadtalk tak lebih sebagi mental pengusaha yang hanya mencari alasan yang ujung-ujungnya duit.

    Pongah, Arogan, entah apa yang menyebabkan sehingga humas penjual roti Breadtalk ini menulis komentar demikian , antah ada apa antara mereka dengan LP POM MUI yang berkedudukan di Bogor itu.

    Dibawah ini komentar sepenuhnya yang masuk ke blog YLKM yang memang meminta agar logo halal yang masih tertempel di gerai mereka segera di copot karena sudah tidak berlaku lagi. Karena melanggar Undang-Undang dan membohongi masyarakat khususnya konsumen muslim.

    Setelah mengcopy paste tulisan di detik.com lantas si humas Breadtalk mengambil kesimpulannya sendiri. Juga mengatas namakan Allah segala si Humas Breadtalk yang bernama Pangonjat itu yakin betul akan kesimpulannya. Tidak perlu fatwa katanya tetapi dia mengutip fatwa orang yang bernama DR Yusuf Qardawi , anehkan.

    Karena yakinnya YLKM pun berkeyakinan pula untuk terus menginformasikan kepada segenap lapisan masyarakat untuk tidak mengkomsumsi dan tidak membeli produk yang diproduksi tidak mengikuti proses halal. Hal itu telah kami utarakan kepada Manager Breadtalk yang ada di Batam. Siapa yang Pongah siapa pula yang Arogan.

    Ini tulisan humas Breadtalk yang bernama sipangonjat itu.

    Sertifikat???
    Mental penguasa, demi alasan apapun yang semua orang harus menghadap memohon izin/surat/rekomen dll, ujung-ujungnya duit. Pongah! Arogan!
    Allah maha tahu, mana yang berkenan mana yang tidak berkenan padaNya, bukannya selembar sertifikat, bukannya satemen/opini/fatwa seorang manusia.

    11/04/2008 07:00 WIB
    Fatwa Qardhawi Soal Alkohol Jadi Kontroversi
    Fitraya Ramadhanny – detikcom
    Doha – Fatwa terbaru ulama terkemuka Syekh Yusuf al Qardhawi menimbulkan kontoversi di Qatar. Qardhawi membolehkan Muslim meminum minuman alkohol berkadar 0,5 persen.

    “Fatwa yang terbaru menyebabkan kebingungan di masyarakat,” tulis Editor harian Qatar Ash Sharq, Abdullatif al Mahmud seperti dilansir AFP, Jumat (11/4/2008).

    Perdebatan dimulai saat Qardhawi mempublikasikan fatwanya di koran Qatar, Al Arab, pada Selasa 8 April 2008. Ulama Mesir ini mengatakan meminum minuman yang mengandung sejumlah kecil alkohol yang dinilai alami dari proses fermentasi, tidak melanggar hukum Islam.

    “Keberadaan alkohol dalam proporsi 5 per seribu (0,5 persen) itu tidak dilarang karena itu adalah jumlah minimal, khususnya ketika itu dihasilkan dari fermentasi alami. Oleh karena itu tidak ada yang salah dengan meminum minuman itu,” tulis Qardhawi.

    Editor Ash Sharq, Mahmud, menilai, fatwa Qardhawi akan membuka pintu bagi mereka yang ingin meminum alkohol dengan alasan Al Quran dan Sunnah tidak menyebutkan proporsinya. Mahmud juga menilai adalah sulit mengukur kadar alkohol dari proses fermentasi.

    Qardhawi kepada AFP mengatakan fatwanya menimbulkan kontroversi karena belum dipahami secara utuh. “Fatwa ini untuk merespons pertanyaan mengenai sebuah minuman berenergi yang beredar di pasaran Qatar,” tegas Qardhawi.

    Dukungan datang dari mantan Dekan Fakultas Syariah Universitas Qatar, Abdul Hamid al Ansari. Kepada AFP, dia membenarkan argumen Qardhawi. ( fay / asy )

    11/04/2008 08:10 WIB
    MUI Benarkan Qardhawi Soal Minuman Beralkohol
    Fitraya Ramadhanny – detikcom
    Jakarta – Masyarakat Qatar berdebat soal fatwa Syekh Yusuf Qardhawi yang membolehkan muslim meminum minuman berfermentasi dengan kadar alkohol di bawah 0,5 persen. MUI membenarkan juga argumen Qardhawi.

    Ketua MUI Amidhan mengatakan harus teliti melihat konteks fatwa Qardhawi. Ulama Mesir itu menyikapi minuman berenergi di Qatar yang mengeluarkan fermentasi.

    “Minuman berenergi bukan khamar, mungkin keluar fermentasinya berupa zat ethanol. Kalau kadarnya di bawah 1 persen itu ditolerir,” kata Amidhan kepada detikcom, Jumat (11/4/2008).

    Minuman berenergi, menurut Amidhan, tidak dimaksudkan untuk menjadi minuman memabukkan. Angka 1 persen adalah batas yang dinilai tidak akan menyebabkan mabuk. Masyarakat harus membedakannya dengan khamar seperti arak, bir atau wine yang memang sengaja dibuat untuk memabukkan.

    “Tapi kalau khamar, hadist sudah menegaskan yang memabukkan itu haram. Itu tidak mengenal proporsi, itu harus nol,” jelasnya.

    Amidhan memaparkan, fermentasi alami adalah hal yang tidak bisa terhindarkan dari pengolahan sejumlah makanan. Masyarakat sudah tahu kalau duren, tape, aren, secara alami memang berfermentasi. MUI tidak mempermasalahkan fermentasi pada makanan.

    “Kalau fermentasi alami dari buah dan untuk dimakan seperti tape atau duren, berapa kadarnya itu nggak soal. Duren dan tape kadarnya bisa lebih dari 5 persen,” pungkas Amidhan. ( fay / nrl )

    Sertifikat???
    Mental penguasa, demi alasan apapun yang semua orang harus menghadap memohon izin/surat/rekomen dll, ujung-ujungnya duit. Pongah! Arogan!
    Allah maha tahu, mana yang berkenan mana yang tidak berkenan padaNya, bukannya selembar sertifikat, bukannya satemen/opini/fatwa seorang manusia.

    Dari Breadtalk di Batam, 2008/04/11 at 2:17 AM
    http://imbalo.wordpress.com/page/7/

  5. Akhirnya Logo Halal Breadtalk di Copot
    Ditulis pada April 15, 2008 oleh imbalo | Sunting

    Mau usaha silahkan, mau jual roti pakai babi silahkan tidak dilarang di Indonesia, mau jual babi nya sekalian juga tidak dilarang, roti campur babi dan dicampur rum atau dibubuhi alkohol mau berapa persen tidak dilarang, yang dilarang anda mencantumkan logo halal tetapi tidak berproduksi dan tidak mentaati ketentuan halal.

    Akhirnya logo halal yang dicantumkan di gerai Breadtalk di Mall Batam Center di lepas oleh pengelolanya pada Jumat 11 April 2008. Sehari setelah dilepas masih banyak ibu-ibu yang mengenakan kerudung membeli roti itu, serombongan ibu-ibu yang mengaku dari Bandung ketika ditanya YLKM Batam saat di Gerai Breadtalk Batam Center tanggal 11 April 2008 lalu terbiasa membeli Breadtalk di Bandung.

    Ibu ini meski berkerudung tidak memperdulikan halal haram barangan yang akan dibelinya, mungkin seperti ibu-ibu inilah yang banyak di Indonesia sehingga pihak pengusaha di Indonesia terkesan tidak begitu memperdulikan adanya ketentuan sertifikat halal.

    Ada Komentar yang masuk ke Blog YLKM Batam mengatasnamakan Humas Breadtalk Batam, menyebutkan kalau sipenerbit sertifikat itu Pongah , Arogan dan ujung-ujungnya duit. Komentar itu telah kami teruskan ke LP POM MUI Pusat.

    Saat kami konfirmasikan kepada Manager Area Breadtalk di Batam tentang humas breadtalk menuduh “ujung-ujung nya duit” , sang manager masih akan menyelidik siapa yang bernama pangonjat itu.

    Tidak semua ibu-ibu yang berkerudung tidak peduli tentang makanan halal, seorang ibu yang kami tanyai langsung di Gerai breadtalk di Batam Center, ibu itu tidak tahu kalau sang pengelola gerai tidak memperpanjang sertifikatnya.

    “Kemarin kan masih ada logonya pak” ujar ibu tadi.

    Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada konsumen muslim khususnya agar tidak membeli makanan yang tidak mempunyai sertfikat halal. Kenapa si pengusaha tidak mau mengurus atau memperpanjang sertifikatnya, bisa jadi tanpa sertifikat pun dagangannya tetap laku, bisa jadi memang ada barang-barang yang tidak halal tercantum di produk itu. Untuk kasus seperti ini banyak contohnya. Ajinomoto salah satu nya.

    YLKM tidak berkepentingan dengan pengusaha yang tidak mau mengurus dan memperpanjang sertifikat halal, karena YLKM bukan lembaga yang menerbitkan sertifikat.

    Tetapi YLKM tetap akan berusaha dan bersuara agar konsumen muslim terlindungi dari produk yang tidak halal dan yang diragukan kehalalannya. Dan terus akan memberitahukan baik melalui media cetak , audio, maupun visual untuk tidak membeli produk di gerai-gerai seperti itu. Yaitu gerai atua toko – toko roti yang tidak mempunyai sertifikat halal.

    http://imbalo.wordpress.com/page/8/

  6. Makanan Halal di Veitnam
    Ditulis pada Maret 11, 2008 oleh imbalo | Sunting

    Makanan Halal di Vietnam

    Yayasan Lembaga Konsumen Muslim (YLKM) Batam mengunjungi beberapa tempat penjual makanan halal saat ziarah di Negara tetangga Asean akhir bulan Februari 2008 .

    Di Vietnam, di kota Ho Chi Min, sebagian orang disana masih menyebut Saigon, ada beberapa tempat Restoran Halal, salah satunya Kedai Shamsudin, restoran yang beralamat 445 Le Honh Phong P.2 Q.10 TP Ho Chi Min.

    Di depan restoran ini pun banyak Guest House ataupun Hotel. Salah satunya adalah milik Shamsudin yang dapat berbahasa melayu, demikian juga beberapa orang pegawainya. Beragam jenis makanan ada dijual disini, dari masakan india, china maupun masakan barat. Agak ke selatan ke distrik Chou Doc banyak komunitas muslim, sekitar 60 ribuan, sebagian besar mereka dapat berbahasa melayu.

    Chou Doc ini berbatasan langsung dengan Kamboja. Banyak masjid disini “ada sebelas” ujar ustaz Abdul Kabir, guru madrasah Mahmudiayah di Chou Duc.

    Dari Ho Chi Min ke Hanoi

    Kalau hendak ke Hanoi ibukota negara Vietnam di utara, bila naik pesawat udara tak begitu repot dengan makanan halal, karena penerbangan hanya di tempuh 1 jam 45 menit, tetapi bila naik bus jalan darat sembari menikmati pemandangan indah sepanjang tepi pantai Vietnam dan melihat kota Da Nang, pusat kerajaan Champa abad ke 16, Kita haruslah mempersiapkan makanan terlebih dahulu di Ho Chi Min. Champa adalah kerajaan Islam pertama di Nusantara, salah seorang putri Champa dipersunting oleh raja Majapahit, dan keturunannya adalah wali songo yang kesohor itu.

    Hampir 40 jam perjalanan darat dari Ho Chi Min ke Hanoi, disepanjang perjalanan tidak dijumpai kedai ataupun restoran Halal, Nasi goreng dapat bertahan 2 hari, karena saat Februari di Hanoi temperatur udara mencapai 10 derajat celsius, Roti banyak di jual di Ho Chi Min, dengan potongan ayam goreng bisa menjadi menu. Mie instan pun dapat juga menjadi bekal sepanjang perjalanan, Bus super Vip, memberikan kupon makan di setiap restoran yang disinggahi.

    Yang penting juga adalah saat istinjak (bersuci) tidak semua toilet di Vietnam menyediakan air, untuk bersuci selepas buang air kecil misalnya. Di terminal bus di Ho Chi Min, toiletnya tidak disediakan air, siap-siap istinjak dengan kertas, dan kertas atau air itu dibawa sendiri.

    Restoran Halal di Hanoi

    Restoran halal di Hanoi daging sapi dan daging ayam dipotong oleh staf kedutaan Hanoi, mereka memotong seekor sapi 3 bulan sekali. “Saya yang potong , 3 bulan sekali terkadang tak sampai 3 bulan, warga muslim bukan dari Indonesia pun membelinya di Restoran itu,” jelas Azhari Rizal staf kedutaan di Hanoi kepada YLKM Batam.Restoran Halal, tidak hanya dikunjungi oleh muslim , tetapi kaum vegetarian pun makan disitu, juga ramai dikunjungi turis-turis dari mancanegara.

    Lembaga Halal

    Menurut penjelasan Ustaz Abdul Kabir Chou Duc, sertifikasi halal hanya dilakukan oleh umat Muslim yang ada di Hom Chi Min saja, ada beberapa produk Vietnam yang telah mencantumkan logo Halal, minuman sarang burung contohnya. Jadi di Ibukota negara Vietnam belum ada lembaga seperti di Bangkok Thailand yang difasilitasi oleh negara untuk sertifikasi makanan halal. Di Vietnam pun ada beberapa produk Thailand yang beredar yang berlogo halal, seperti minuman kaleng kacang soya. (iis)

    http://imbalo.wordpress.com/page/10/

    • Salam , bisa nyatakan retoran halal di hanoi dan bagaimana utk saya mendapatkan daging yg halal kerana saya bakal menetap di Hanoi

  7. Biduk Lalu Kiambang Bertaut
    Ditulis pada Maret 8, 2008 oleh imbalo | Sunting
    Umat Islam seperti kiambang yang dilalui oleh biduk, kini sedang tercerai berai. Indonesia negara terbanyak kaum Muslimnya tak dapat berbuat apa-apa, dalam tulisannya Berita Harian koran Malaysia menulis tentang umat islam di Laos akan pupus, benarkah?. Dalam bulan Februari 2008 yang lalu Yayasan Lembaga Konsumen Muslim (YLKM) Batam mengunjungi Laos.

    Di Laos di kota Vientiane (baca viencen) ada dua masjid tak lebih dari 400 orang muslim disana, masjid Jamik atau yang lebih populer dengan masjid Pakistan, disitulah tempat umat Islam yang kebanyakan dari kedutaan sholat jumat, Imam masjid Jamik sudah 40 tahun menjadi Imam di masjid itu, Imam yang berasal dari India ini kembali setahun sekali ke India karena keluarganya masih tinggal di India.

    Di masjid ini dilantai dasarnya ada madrasah untuk anak-anak muslim yang kebanyakan dari India, Pakistan, Kasmir, Banglades. Masjid ini terletak persis di tengah kota Vientiane, dekat air mancur City Center, Masjid ini juga menjadi pusat comunity Islam, yang ketuanya dipilih jamaah disana 3 tahun sekali.

    Beberapa pengusaha restoran di Vientiane menjadi pengurus jamiah, kebanyakan pengelola restoran rumah makanan halal adalah warga pendatang, banyak juga orang asing yang makan di restoran halal tersebut, sehingga tak heran meskipun mengklaim halal food tetapi mereka tetap juga menyediakan wine, beer dan wiskey.

    Saat YLKM Batam sholat Juhur tanggal 29 Februari 2008 di masjid Jamik tersebut, ada dua orang tamu yang mengunjungi masjid, seorang warga Malaysia dan seorang pengusaha dari Arab Saudi yang akan memberikan bantuan kepada Muslim yang ada di Laos.

    Sekarang Laos sedang giat-giat membangun banyak pengusaha dari timur tengah di sana, itu terlihat sepanjang jalan yang dilalui oleh YLKM Batam mulai dari Hanoi ke Vientiane. Mubarrak, pemuda asal Rangon yang bekerja sebagai penterjemah bagi pengusaha dari timur Tengah telah 2 tahun bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang perminyakan. Sama seperti Fakhruddin warga negara Malaysia yang juga bekerja bagi perusahaan dari middle east ini, pernah beberapa kali ke Indonesia, Semarang, Jakarta acap mereka kunjungi karena ada cabang perusahaan mereka di Indonesia

    http://imbalo.wordpress.com/page/10/

  8. Ziarah ke Malaysia,Kamboja, Vietnam, Thailand dan Laos
    Ditulis pada Maret 8, 2008 oleh imbalo | Sunting

    salah satu sudut kota Hanoi

    Dari Pelabuhan Batam Center selepas sholat Jumat di Masjid Raya Batam tanggal 22 Februari 2008 aku naik Ferry ke Johor Bahru via Stulang Laut, perjalanan ditempuh selama lebih kurang 2 jam, karena sebelumnya aku telah membeli ticket Air Asia dari Kuala Lumpur – Phnom, Pulang Pergi. Sehingga destinasi selanjutnya adalah Kuala Lumpur dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur aku naik Bus dari terminal Larkin di Johor Bahru, Stulang Laut ke Larkin ongkos taxi sekitar 20 ringgit Malaysia (RM) , sementara tambang Bus Johor Bahru ke Kuala Lumpur 28 RM.

    Tiba di Kuala Lumpur aku di jemput oleh Akhmad Batu Pahat demikan aku memanggilnya, Akhmad BP ini aku kenal ketika Desember 2007 lalu di Chiang Rai Thailand dalam rangka Idul Qurban disana, petang dari JB tiba di KL sekitar pukul 23 malam waktu setempat, dengan keretanya aku diantar ke rumah Yatim Al Khaadem yang terletak di Taman Maluri tak berapa jauh dari Pudu Raya terminal Bus di Kuala Lumpur. Di Tanjung Pinang Riau akupun pernah beberapa kali nginap di panti asuhan yatim yang di kelola oleh Muhammadiyah.

    Karena akupun yatim sejak usia 5 tahun , pagi selepas shalat subuh aku diminta oleh ustaz Umar memberikan tausiah kepada anak-anak Yatim di Al Khaadem, aku ceritakan bagaimana anak-anak yatim sering diexploitasir oleh pengelola panti, di Batam pun aku masih tercatat sebagai wakil Ketua Asosiasi Pengurus Pantai Asuhan Batam.

    Bagaimana rasanya menjadi anak yatim tak kan mungkin dirasakan oleh orang yang tak pernah menjadi yatim, di Al Khaadem ada anak yatim dari Indonesia, ibunya bekerja di Kuala Lumpur, tetapi kini telah pulang ke Medan, tahu kalau aku dari Indonesia dan asal Medan pula , air matanya berlinang, dia sangat rindu kepada ibunya katanya, kau mau pulang ke Medan tanyaku, ia mengangguk perlahanan, hal itu pernah aku rasakan saat aku masih kecil ketika tinggal bersama saudara dan bersekolah di Medan . Rindu yang tiba-tiba menyergap membuat air mata berlinang.

    Panti Al Khaadem atau Pertubuhan Al Khaadem cukup baik pengelolaannya, terstruktur, mungkin awal April 2008 mereka akan menempati gedung baru , gedung megah dan ditempat lokasi yang luas ini adalah bantuan dari negara Timur Tengah, Pertubuhan ini diteraju oleh ustaz Hussain Yee, ustaz Hussain Yee adalah keturunan Cina, ada empat panti tempat lainnya selain di Taman Maluri. Pusatnya di 1034 Jalan Cempaka, Sungai Kayu Ara, Petaling Jaya, Selangor Darul Ehsan. “Pak Imbalo jangan nginap di Hotel , orang Sunnah biasa nginap di masjid dan di panti.” pesan ustaz Abdul Wahab karibku dari Kulim Kedah kepadaku melalui telpon, besok tengah hari kita jumpa di KLCC tambahnya lagi. itulah sebabnya aku nginap di Panti asuhan Al Khaadem Kuala Lumpur.

    Dari Kuala Lumpur tiba di bandara Phnom Penh petang hari, di counter pemeriksaan pasport, petugas imigrasi sesaat melihat paspor yang ku sodorkan dan berkata “visa” sembari menunjuk ke petugas imigrasi yang banyak berdiri tak jauh dari tempat counter itu…. dan teman dari Malaysia tidak ada masaalah…. hanya orang indonesia saja yang dikenakan visa sebesar 20 dollar amerika dan upah mengisi form yang disediakan dan foto copy pasport untuk mengambil photo dikenakan biaya sebesar 5 dollar lagi.

    Jadi kalau ada yang mau ke Kamboja harus menyediakan pasphoto dan menyiapkan dollar amrekia, meskipun mata uang disana adalah reel tetapi transaksi memakai dollar amerika.

    Enggak tahu apa sebabnya ada pengecualian warga negara malaysia dengan indonesia , ini bukan saja di kamboja tetapi juga di Myanmar perlakuan diskriminatif sesama warga asean ini.

    Kami dijemput oleh Fatah, Fatah adalah putra ke sepuluh dari Toun Sman Muhammad (Imam Ahmad Hasan), Imam Ahmad Hasan ini adalah imam masjid Dubai, masjid Dubai adalah masjid terbesar di Phnom Penh, masjid ini dibangun oleh orang Dubai, “kemarilah semua orang kedutaan yang ada di Phnom Penh sholat” kata Fatah kepada kami dengan bahasa melayu.

    Fatah, meskipun dilahirkan di Phnom Penh, di kota, tetapi ia dapat berbahasa ibu, ibunya adalah orang chmampa demikian pula imam ahmad asli dari champa, “kalau tak salah silap dah 400 tahun lebih tok tok kami di sini” jelas Imam akmad kepada kami tentang keberadaan mereka disini.

    Semua anak beranak mereka dapat berbahasa melayu, Imam ahmad lelaki berusia 70an ini adalah mantan askar di jaman pol pot, merasakan bagaimana berperang ketika itu, demikian kehidupan beragama.

    Tetapi dia tetap mendidik anak-anaknya dalam Iman Islam dan tetap berbahasa melayu. (bang Aries tolong tuliskan tentang penyebaran champa sampai ke kamboja dari kampung champa di vietnam), kesebelas anaknya dapat berbahasa melayu dan beberapa dari putranya kini sedang menyelesaikan master, selama kami di kamboja Fatah dan Younes (baca yunus) yang memandu dan menemani dan penterjemah kami mengunjungi komunitas muslim yang ada di kamboja.

    Berdua abang adik ini dapat berbahasa kmer, champa begitupun dengan bahasa Inggris, selain berbahasa melayu, “kita seperti di kampung sendiri saja , seperti tak diluar negeri” celetuk ustad Wahab dengan kepasihan mereka berbahasa melayu.

    salah satu masjid di Vientiane Laos di City center

    Di Kamboja ada beberapa Hotel tempat makanan restoran halal, dan itu semua dapat ditunjukkan oleh kedua pria 20 an ini. Saat ini di Kamboja sedang kemarau sudah hampir 4 bulan tak turun hujan kata pak Imam, halaman masjid berdebu, masjid Internasional itu pun terlihat kumuh, dihalaman masjid terlihat 2 batang pohon korma dan beberapa batang pohon akasia, tak layak disebut masjid internasional yang sebagian besar jamaahnya adalah muslim dari kedutaan

    http://imbalo.wordpress.com/page/11/

  9. Rumah Makan Masakan Padang, Gonjong dan Logo Halal
    Ditulis pada Januari 11, 2008 oleh imbalo | Sunting

    Selepas Sholat Jumat di Masjid Raya Batam Center biasanya kami mampir makan siang di Warung Soto Medan ……tapi Jumat kali ini rencanaku mau makan di Resto Kediri, karena dua hari sebelumnya masuk sms ke HP ku dari Mandiri Visa … ada program potongan harga 50% … dari tanggal 15 Desember 2007 sampai tanggal 15 Januari 2008 di Resto Kediri Batam Center….sebenarnya bukan karena potongan harga itu aku mau kesana…. mau membuktikan saja, soal potongan (diskon) dari Mandiri Visa….(soal pengalamanku diskon mandiri visa akan aku tulis tersendiri)

    Sudah lama aku tak makan di Resto Kediri itu….. meskipun sudah mendapat sertifikat Halal dari MUI setempat….aku sering merekomendasikan resto itu kepada kerabatku…. tapi aku tak suka makan disitu ……… sepertinya tak enak alasannya ku tulis disini….

    Persis di depan Resto Kediri itu ada resto yang baru buka Sederhana namanya, karena logonya khas rumah adat padang.. (rumah gonjong, ada tulisan SB didalamnya kalau di Jogja SA) pastilah makanannya adalah makanan khas padang pikirku …. dan memang betul, sungguh…..aku jadi menyesal setelah makan…. biasanya sebelum makan di resto – resto baru atau yang belum pernah aku makan disitu, pastilah terlebih dahulu aku melihat kasirnya atau pelayannya (itu komitmenku sejak di yayasan lembaga konsumen muslim YLKMB)) …. pada saat itu kulihat kasirnya dan pelayannya kulitnya berwarna coklat…. ternyata aku terkecoh pada saat membayar, terlihat ada kalung yang menandakan kasir tersebut bukanlah orang muslim…. ”Iya pak yang masak orang sunda” kata pelayan yang membereskan piring bekas makanku…. ”itu ibu yang duduk di sudut sana bosnya” tambahnya sembari menunjuk seorang perempuan paruh baya berkulit kuning ….. ehemmm tahulah aku… pantas yang makan disini hampir semua seperti ibu yang disudut tadi pikirku….

    “Bukan pak ini cabang dari Bintaro Jakarta” katanya lagi saat ku tanya apakah “Sederhana” ini adalah sama dengan Rumah Makan Sederhana yang ada di Jodoh……

    Di depan Nagoya Hill jalan pintu keluar Barat….sebelah kiri ada resto masakan padang lambang dan logonya pun rumah adat padang juga….. pelayannya rajin menawarkan kepada orang yang lalu lalang di depan resto itu untuk singgah makan, pun berkulit coklat juga…. tapi kasirnya bukan….. dan tentu pemiliknya pun bukan pikirku….dan ternyata benar, aku beserta anak dan isteriku tak jadi makan disitu pindah ke sebalah kanan agak jauh dekat pintu Utara…..

    Di belakang Bank Lippo yang sekarang dulu ada resto masakan Padang Pagi Sore namanya…. waktu peresmian aku diundang oleh pemiliknya….. semua pengurus, pelayan dan tukang masak, yang potong ayam pun orang Islam…. beberapa bulan kemudian aku di beritahu oleh pelayannya saat makan disitu koq agak beda rasa masakannya…. tukang potong ayamnya sudah ganti…. dan tukang masaknya pun sudah ganti….. “jadi sekarang yang motong ayam siapa” tanyaku….”aku pun mau keluar pak” katanya menjawab pertanyaanku tadi….tak berapa lama setelah itu resto pagi sore itu pun tutup…..

    Di Bali ….. hati-hati makan di resto atau rumah makan yang ada logo rumah adat padang dan menuliskan masakan Padang ….. belum tentu pengelola dan yang memasak makanannya adalah orang Muslim …. tentu saja disangsikan kehalalannya…… tanyalah kepada pelayan Hotel tempat anda menginap …. itu sudah menjadi rahasia umum di Bali…..ada resto yang mencantumkan masakan padang di Bali yang juga menjual makanan yang tidak halal (babi)….. kalau di pesan …….

    Masakan Padang cocok bagi semua orang….. begitu katanya hasil penelitian….. aku pun penggemar masakan Padang…. di mancanegara pun banyak rumah makan masakan padang……(lihat saja di internet) tidak di Indonesia saja…. di mancanegara pun banyak pengelola resto yang bukan orang Padang dan bukan pula Muslim yang mengelola resto masakan padang ….. malah ada anekdot kalau ada komunitas di bulan mungkin rumah makan padang yang pertama kali disana…..itulah sakin digemarinya masakan padang …….. lah jadi apa masalahnya???????? kan boleh – boleh saja orang mengelola resto dan memberi nama masakan padang dan memasang baner dan menampilkan rumah gonjong (rumah adat padang) sebagai logonya….??????

    “Koq aku keberatan ya” kataku kepada Aries Kurniawan….. “Kenapa nggak di patenkan saja logo rumah adat itu” tambahku….. “Seperti tadilah aku kan jadi terkecoh, karena Restoran itu menampilkan logo rumah adat padang, sehingga yakinlah aku bahwa makanan disitu notabene adalah halal” jelasku kepada Areis yang baru selesai menyelesaikan S2 nya tentang HKI di UGM …… atau memang sudah ada patennya????

    Di Burma (Myanmar) logo halal itu adalah berupa gambar bulan sabit didalamnya ada tulisan 786…. di Puja sera baik di Singapura, Malaysia maupun di Thailand kerap kita jumpai logo sedemikian itu…. disamping tentunya tulisan Halal (aksara arab). Jadi kalau ada resto di depannya mencantumkan gambar bulan sabit dan angka 786 tadi tidak sangsilah kita akan menu yang kita santap….. apakah ini logo resmi pemerintah Junta Militer tanyaku pada saat aku berkunjung kesana…. “Tidak” jawab Naseer pemandu kami, ini dipakai juga di Pakistan dan Bangladesh jawabnya memberi keterangan.” Tapi masyarakat tahu bahwa itu menandakan halal”… timpalnya lagi…

    Di Nagoya Batam … aku punya teman pak Datuk kusebut demikian namanya pengelola resto masakan padang…. ”Tak perlu sertifikat halal” bantahnya kepadaku saat kutanyakan kenapa tak mengurus sertifikat halal untuk restonya ….. aku kan muslim haji lagi tak mungkin aku memasak mencampur makanan yang tidak halal kepada masakan yang kujual” bantahnya…. pak Datuk pun menampilkan logo rumah adat padang di baner restonyaa…. bisajadi pak datuk beranggapan logo rumah adat adalah jaminan kehalalan produknya , sehingga dia keberatan untuk mengurus sertifikat halal, karena rumah adat padang mencerminkan masyarakat padang, adat bersendikan syarak, syarak bersendikan kitabullah…………..jadi rumah adat (gonjong) ………….???????

    Lain pak Datuk lain Mery….. pengelola beberapa resto masakan padang “Salero Bandaro” mengurus sertifikat halal untuk restonya …. meskipun dia orang Padang, muslim lagi , Mery tak keberatan untuk mengeluarkan uang….. “aku juga melayani katering pak” katanya padaku suatu ketika….

    Mungkin karena sukanya masakan padang mantan Walikota Batam pun kini mengelola beberapa buah resto masakan padang….. pernah sekali pada saat Nyat Kadir masih menjabat walikota Batam ….. siang itu dia mau makan ke Rumah Makan “Padang Utan Dua Putri”….. yang terletak sebelah kiri jalan ke Bandara Hang Nadim…. pak Nyat Kadir kecele…… ternyata pukul 10 paginya rumah makan Padang Hutan itu di gusur, lokasinya dipindahkan oleh satpoll PP bersama Ditpam yang notabene anak buah pak Nyat sendiri…. Sekarang pak Nyat tak payah lagi mencari rumah makan padang, resto ”Suri Bunda” ada dimana-mana….. padahal pak Nyat kan bukan orang Padang ya ?????????

    Ada Suri Bunda , ada Sari Bundo, ada Bundo Kanduang……kalau yang ini memang pengelolanya orang padang ….. kandidat walikota yang mantan kepala dinas pendidikan kota Batam ini pun cukup sukses menjadi pengelola resto masakan padang.

    Cukup enak dan murah makan di resto staf ahli walikota Batam yang sekarang ini….. beberapa saat yang lalu resto ini sering disebut-sebut di media karena berdekatan dengan pabrik sabu-sabu terbesar di Batam.

    Ada Salero Basamo, Salero Bagindo, Salero Bandaro……………………… dan Salero lain-lain…. Sederhana di Yogyakarta beda dengan Sederhana di Bintaro… apalagi dengan resto Sederhana yang ada di jodoh…… Kata si Arief…. biasanya pak kalau namanya tidak mencerminkan bahasa padang pengelolanya bukan orang padang….. contohnya restoran masakan padang Sederhana, Pagi Sore, Suri Bunda …………… akh bisa aja si Arief….

    Begitulah kayaknya perlu dilaksanakan untuk mempatenkan logo rumah adat di resto – resto masakan padang dan tentunya tetap bersandikan syarak ……… nanti diambil bangsa lain lhoooooo……..

    http://imbalo.wordpress.com/page/13/

  10. Bank Islam dan Makanan Halal
    Ditulis pada Desember 26, 2007 oleh imbalo | Sunting

    Kalau di Indonesia tak heranlah banyak berdiri Bank Islam……. lebih 80 % penduduknya beragama Islam…….. di Chiang Rai Thailand Utara dengan penduduk 200 ribuan dan kaum muslim hanya 2.000 an disana ada berdiri Bank Islam…………… Di Provinsi paling Utara Thailand itu kegiatan kaum muslim sangat terasa…… tidak hanya Bank Islam yang ada banyak restoran yang di kelola oleh kaum muslimin maupun non muslim yang mencantumkan label Halal.

    Di Bandara Chiang Rai misalnya terlihat beberapa gerai yang mencantumkan label halal, disana pun ada beberapa hotel yang di kelola oleh orang muslim.

    Sepanjang perjalanan dari Sadao kota paling Selatan hinggalah ke Mae Sai kota paling Utara di Thailand tidaklah sulit menemukan makanan berlabel halal. Ratusan Mini Market sepanjang perjalanan itu yang bermerek 7 Eleven barangan yang dijual seperti makanan ringan maupun minuman ringan keluaran produk Thailand telah berlabel halal.

    September 2007 yang lalu kami mengunjungi pusat halal center di Chulalongkorn University di Bangkok yang diketua oleh DR Winai Dahlan.. kepedulian pengusaha Thailand mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikat halal perlu ditiru oleh pengusaha di Indonesia …….. meskipun disana mayoritas non muslim, karena produk yang dihasilkannya tidak hanya untuk masyarakat Thailand sendiri.

    Ratusan sample makanan dan minuman yang masih menunggu uji halal di laboratorium yang paling terlengkap di dunia itu ditunjukkan oleh DR Winai Dahlan kepada kami, dan telah ribuan jenis pula makanan dan minuman yang telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Agama Islam Thailand, dan telah beredar di seluruh pasar di Thailand bahkan sampai ke Indonesia, Malaysi, Singapura bahkan ke manca Negara.

    DIarsipkan di bawah: Tak Berkategori | yang berkaitan: agama, Dunia Islam, etika, halal, info halal, internasional, islam, kesehatan, Lain-Lain, Peluang Usaha, prilaku, Sosial, umum | Tidak ada komentar »

    Bebas Visa Tidak Berlaku di Myanmar
    Ditulis pada Desember 25, 2007 oleh imbalo | Sunting

    Tanggal 20 Desember 2007 yang baru lalu kami 6 orang berada di Thailand Utara dalam rangka Idul Adha 1427 H di Kota Mae Sai Provinsi Chiang Rai, Mae Sai berbatasan langsung dengan Myanmar (Burma).

    Keluar dari Thailand di kantor imigrasi Mae Sai kami dimintai uang 100 bath perorang, pasport di tahan, kami di photo setengah badan dan kepada kami hanya diberikan photo copy an paspost yang sebelumnya sudah di photo copy sndiri berikut selembar kertas tertera nama2 kami berenam dan di kertas itu pula ada tertera stemple dan paraf petugas yang menerima uang kami tadi.

    Kertas berikut photo copyan pasport dari petugas imigrasi Mae sai Thailand itu tadilah yang kami bawa ke kantor imigrasi Tachilek Myanmar. Photo copyan pasport dari imigrasi Thailand tadi tinggal di kantor imigrasi Tachilek dan hanya selembar kertas bertuliskan nama-nama kami ber-enam yang diberikan. Dikantor imigrasi Tachilek kami diminta uang pula sebesar 500 bath perorang.

    Banyak komentar yang diberikan tentang pungutan uang itu……salah seorang teman kami dari Malaysia mengatakan uang yang dikutip itu adalah untuk pribadi petugas disitu….lihatlah uang yang diterima hanya dimasukkan kekaleng bulat bekas biskuit…..seperti di warung-warung saja celetuknya…. seorang lagi mengatakan pemerintah junta militer tak peduli dengan bebas visa negara asean…… peraturan yang berlaku di Myanmar adalah sekehendak mereka yang berkuasa….. buktinya kalau pemegang pasport guru misalnya tak dikutip mereka…… kutipan sebesar 500 bath di Myanmar mungkin masuk akal karena sekarang yang berkuasa adalah junta militer, nah loh bagaimana kutipan 100 bath di imigrasi Mae Sai Thailand?………………..

    Karena imigrasi Sadao Thailand yang berbatasan dengan Batu Hitam Malaysia kita tidak dipungut bayaran, demikian pula melalui bandara Suvarnabumi Bangkok.

    Begitu pula saat kami pulang dari Tachilek kembali ke Thailand ……. ada beberapa orang teman yang membeli dan membawa barang yang memang banyak dijual di pasar Tachilek dan memang harganya rada murah…….. siap-siap pula dipunguti uang oleh petugas Bea Cukai di Tachilek……

    DIarsipkan di bawah: Tak Berkategori | yang berkaitan: agama, Dunia Islam, etika, hukum, internasional, islam, Lain-Lain, Politik, prilaku, Sosial, Sosial Politik, umum | Tidak ada komentar »

    Muslim Cina di Chiang Rai
    Ditulis pada Desember 24, 2007 oleh imbalo | Sunting

    Banyak artikel tentang Muslim Cina. Di Mae Sai Thailand Utara, Muslim Cina disana dipanggil Cinho… enggak tahu apa ada hubungannya dengan laksamana Cheng Ho…. dari segi ekonomi mereka cukup berhasil… banyak toko, restoran milik mereka… disana pun ada beberapa Hotel yang dimiliki dan dikelola oleh Muslim Cina………..

    Baru-baru ini saya ke Chiang Rai …. menurut buku Tuanko Rao oleh Mangaraja Onggan Parlindungan tidak sedikit peran Muslim Cina untuk Islam di Nusantara (Indonesia) terlepas dari kontroversi ……………. kalau kita lihat di peta, Chiang Rai adalah bekas kerajaan Lana tempo dulu itu tidak berapa jauh dari Yunan Cina Selatan… sekarang dengan berkenderaan Bus dari Mae Sai ke Yunan bisa ditempuh selama 4 jam…. tentunya melalui Provinsi Shan Burma….

    Di bukit-bukit di sekitaran provinsi Chiang Rai , Pha Yao pun masih banyak dijumpai muslim Cina………… mereka eksodus ke Thailand karena alasaan komunis, keamanan dan ekonomi sebagai mana yang diceritakan oleh Ibrahim penduduk kampung Santisuk masuk Provinsi Pha Yao… santisuk berarti kampung sentosa atau aman damai. Banyak diantara mereka yang berkahwin dengan penduduk asli atau suku bukit yang berasal dari Mong (mongolia)… di bukit -bukit yang berhawa sejuk itu … mereka tetap teguh dalam Islam …..

    Sementara di bukit-bukit sebelah Barat Chiang Rai banyak dihuni suku Aka….. disini pun terjadi perkawinan campur suku pendatang dengan suku asli….. Bilal masjid An Noor di Mae Sai Haji Musa namanya , adalah Cinho dari Yunan berkawin dengan suku setempat dan memeluk Islam ……………..

    Demikian juga dengan Dai-Dai dari Thailand Selatan yang ditempatkan di perkampungan-perkampungan di perbukitan-perbukitan itu beristrikan perempuan-perempuan suku setempat….. Ustad Hasan (35) pria beranak empat ini mempunyai isteri dari suku mong….. adik beradiknya semua masuk Islam, malah telah ada yang kuliah di University Yala mengambil jurusan Bahasa Inggris…. padahal orangtua mereka masih pagan diperbukitan sana…..

    Bahasa Melayu logat Thailand agak aneh terdengar di kuping orang Indonesia……. menyebutkan sore atau petang menjadi pete….. islam menjadi isle jadi orang islam menjadi ore isle…… cinho menjadi cengho ……………………….

    Perbukitan yang memanjang sampai ke Cina sana ………….. menyimpan banyak peristiwa, Hunsa raja ovium dunia (sudah meninggal), bukit Do Chang (dua gajah) tempat komunis yang sangat sulit ditumpas pun bermaskas disana….. Chiang Rai tempat laluan orang yang berkepentingan ke Nusantara …….. kalau ada waktu dan rezeki kaum Cina Indonesia pergilah ke sana….. Cina disana, mereka pandai berbahasa Arab…. pasih melantunkan azan dan bacaan sholat…. menjadi pengurus masjid dan berqurban untuk yang duafa……

    Yang lebih penting lagi mereka tidak marah dan malah bangga di sebut cina atau cinho………. tidak seperti di tempat saya….. menyebut cina ……….. menjadi Tionghoa…..

    http://imbalo.wordpress.com/page/14/

  11. DIMANA LETAK KETIDAK HALALAN AIR MINUM DALAM KEMASAN
    Ditulis pada Nopember 24, 2007 oleh imbalo | Sunting

    Pertanyaan sederhana, dan sering pertanyaan ini ditanyakan kepada kami.

    Meskipun jurnal halal yang diterbitkan LP POM MUI ada, berapa orang yang membacanya, di TV jarang tersiar penjelasan tentang ketidak halalan air dalam kemasan, malah nyaris tak pernah.

    Menjadi tidak halalnya air dalam kemasan atau air isi ulang, salah satu faktor penyebabnya adalah filter yang terpasang, apakah dari bahan yang tidak halal.

    Masyarakat awam tak mengerti arang aktif bisa dibuat dari tulang hewan, seperti dari hewan babi atau sapi, kalau dari sapi misalnya cara pemotongan tidak halal produk yang dihasilkannya menjadi tidak halal.

    Tak terbayangkan oleh mereka bagaimana prose tulang hewan bisa menjadi filter (arang aktif), tulang hewan (sapi, babi) adalah bahan baku untuk foam yang paling baik untuk memadamkan kebakaran, contoh untuk memadamkan api pada pesawat terbang yang terbakar, adalah menggunakan busa (foam) dari tulang hewan itu, diproses sedemikian rupa expansinya cukup baik untuk memutus mata rantai segitiga api.

    Jadi air yang mengalir melalui filter (berisi arang aktif yang terbuat dari tulang yang tidak halal) menjadi tidak halal.

    Kalaulah ini di jelaskan oleh para mubalig yang sedang menjadi khatib jumat misalnya, alangkah efektifnya.

    “Tulislah pak tentang itu” kata pak Kuswoyo wakil kepala sekolah Islam SMA Hang Tuah kepadaku, “Banyak yang menanyakan tentang kenapa air dalam kemasan ataupun air isi ulang menjadi tidak halal” tambahnya.

    Disamping filter tentunya ada lagi yang mempengaruhi ketidak halalan air dalam kemasan, seperti alat anggkutnya, tempatnya atau wadahnya dan lain-lain. tetapi faktor filter adalah yang dominan.

    “Jadi filter dari bahan apa lagi pak selain dari tulang babi dan sapi” tanyanya lagi

    “Bisa dari bahan lain, seperti dari tempurung kelapa” jawabku

    Mudah2-an bermanfaat amien………………………

    http://imbalo.wordpress.com/page/15/

  12. MAKANAN HALAL
    Ditulis pada Nopember 16, 2007 oleh imbalo | Sunting

    “Seharusnya yang di lebel itu yang haram saja” kata Doni ketua MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Batam. Tapi Undang-Undang No 8/1999 tidak demikian, pernyataan tersebut diutarkan pada saat kami selesai sholat zuhur tanggal 10 Nopember 2007 di Masjid Raya Batam.

    Ya itu tadi banyaktamu dan teman serta kolega yang berkunjung ke Batam ingin mencicipi hidangan Sea Food. Ada beberapa restoran yang menyediakan hidangan yang dimaksud di Batam cukup terkenal sebut saja JuJu, Yongkie, dll tapi belum mendapat sertifikat halal dari lembaga yang berwenang mengeluarkannya, yaitu LP POM MUI.

    “Kan hanya ikan saja kenapa sih tidak halal” kata teman saya yang bersamaan makan saat siang bersama Mas Hajrianto Tohari di salah satu restoran sea food yang belum mendapat sertifikat halal dimaksud. Beliau ke Batam saat sosialisai KIP yang diundang oleh Komisi Penyiaran Batam Anak Rahman.

    Lah sekelas Mas Hajri saja demikian apalagi muslim yang lain. Selama orang Islam masih tidak peduli makan di tempat yang tidak mempunyai sertifikat halal yaaa menurut kami si pengelola yang nota bene non muslim gak bakalan mau mengurus dan mensertifikat halal restorannya.

    Dimana sih sebenarnya ketidak halalan makanan sea food dimaksud? Yaitu tadi untuk membuang bau amis dari jenis hewan laut sebelum memasaknya mereka membasuhnya dan merendamnya dengan arak dan memasaknya dengan angciu kedua jenis barangan ini lah menyebabkan tidak halalnya bahan-bahan yang tadi nya halal.

    Untuk memberitahukan itu kepada masyarakat muslim tugas siapa ya???? Kami hampir tujuh tahun membuat buletin Jumat , dan memang terbit nya setiap hari jumat yang di edarkan ke berpuluh-puluh masjid yang ada di Batam.

    Yang isi nya sebgaian besar menyangkut tentang kehalalan produk sebagian materi kami kutip dari Harian Republika, semasa Mas Parni Hardi masih menjadi Ketua LKBN antara, sampai lah Makmur Makka yang menjadi pemred di Harian Republika dan Asro Kamal Rokan, dan hingga lah kesekarang ini tetap kami sajikan ke masyarakat , tapi ya koq hanya sedikit sekali masyarakat muslim kita yang di Batam yang peduli untuk berani menolak kalau diajak makan kerestoran yang memang tidak bersetifikat halal.

    Demikian juga dengan pejabat-pejabat yang ada di Batam khusus nya juga tak berpa peduli sekali dengan makanan yang di konsumsinya adalah yang halal dan toyib.

    Begitulah ……..

    http://imbalo.wordpress.com/page/17/

  13. Semoga bermanfaat

  14. Assalamualaikum wrt,
    Saya ingin menarik perhatian semua mengenai pemandangan indah di Kuala Lumpur.Saya kagum melihat di tengah2 bangunan pencakar langit di Kuala Lumpur masih ada kehijauan yang masih terpelihara.Saya melalui jalan perdana kuala lumpur semasa ingin ke bukit aman.Saya kagum melihat masjid negara,bangunan muzium islam dan bangaunan2 lain.Sungguh cantik.Kagum.Dalam keseronokan saya melihat kecantikan tiba2 saya di saksikan dengan kesakitan mata memandang.Maksudnya satu projek di sebelah masjid negara yg nampak macam projek terbengkalai.Projek apa tu?nampak macam tak siap2 je.
    Memalukan je.

  15. Salam, sy dapat info ni daripada emel…so..mintak pendapat semua..

    Subject: ATTENTION!!!! SENARAI NON-HALAL FOODS..TLG FWD LAJU2 TO OUR MUSLIM FRENS ..!!!!

    NO 12 tu baca bebetul…wallahuaa lam.

    BABI SUDAH JELAS HARAMNYA PERHATIAN KEPADA SEMUA UMAT ISLAM RISALAH INI DIEDARKAN OLEH DR. RASHEED MOS,UNIVERSITI MALAYA KL, PERSATUAN PENGGUNA MALAYSIA , MAJLIS AGAMA ISLAM MALAYSIA & JABATAN KASTAM MALAYSIA. KAJIAN TELAH DIBUAT OLEH MAHASISWA UTM, UUM, USM, UM, UKM, & CAP.

    SENARAI BARANG YANG MENGANDUNGI LEMAK BABI
    > 1. Minyak Masak LAM SOON ( Cap Helang & Buruh )
    > 2. Ubat Pearl Cream Arche ( Thailand )
    > 3. Ajinomoto ( Thailand )
    > 4. Ais Krim Harga RM1.00 ke atas
    > 5. Semua tauhu buatan Orang Cina
    > 6. Sabun LUX & Lotion Badan Buatan Malaysia , USA , & Thailand
    > 7. Sabun FAB berbuku
    > 8. Lobak Jeruk
    > 9. Mee & Kueteow basah ( buatan Cina)
    > 10. Krim Muka Hazeline Snow

    SENARAI BARANG YG MENGANDUNGI ( KULIT BABI, URI & BINATANG YANG TIDAK HALAL)
    > 1. Semua Jenis Serbuk Mee Segera Terutama Maggi
    > 2. Pucuk , Kulit Popia, Fish Cake & Bebola Ikan buatan Orang Cina
    > 3. Daging Burger Import
    > 4.. Sardin, Kari Ayam dlm tin & Yong Taufu buatan Orang Cina
    > 5. Kasut Bola Jenis ‘ Gold Cup’
    > 6. Berus Gigi Jenis ‘ Reach’
    > 7. Mee Kering ( sanggol ) 15.Mee Rebus Tulang&Kiub Perasa Ayam
    > 8. Semua sabun mandi yang diimport
    > 9. Ajinomoto kecuali keluaran Kilang Lot 5710 Jalan Kuchai Lama KL
    > 10. Semua jenis shampoo kecuali keluaran Orang Islam
    > 11. Have Pearl Cream
    > 12. Ramuan Kentucky Fried Chicken & Mc Donald
    > 13. Ubat Kurap buatan Org Cina
    > 14.. Beehon Segera Siam
    > 16. Sabun Mandi Yang Berminyak

    SENARAI BARANG YANG MENGANDUNGI GELATIN ( LEMAK BABI DAN BINATANG TIDAK HALAL )
    > 1. Bosset Wine Gum
    > 2. Dairy Milk Coklat
    > 3. Coklat Cadbury/ Chewing Gum
    > 4. Sugus Strawberry
    > 5. Passer Doily Mixture
    > 6. Trebo Mint Chewing Gum/ Peppermint
    > 7. Scothes Vikmin
    > 8. Share Extra Atrenght
    > 9. Black Current Jelly
    > 10. Royal Gulaman & Decart Oranges
    > 11. Valvis Gelatin
    > 12. Sarung Kapsul Ubat
    > 13. Ais Krim dalam bekas plastik
    > 14. Gula-gula Fruities
    > 15 Cake Mets Vilber Punch
    > 16 Coklat Cake
    > 17 Tepung Kastard Lady’s Choice
    > 18 Semua jenis Jelly
    > 19 Semua jenis gincu bibir
    > 20 Keseluruhan Jenis Sheisedo
    > 21 Lady’s Choice Jelly

    > SENARAI BARANG YANG MENGANDUNGI ALKOHOL UNSUR-UNSURNYA
    > 1 BARANGAN AVON KESELURUHANNYA
    > 2 PEWANGI KETIAK TERUTAMA JENAMA VITALIS & CONCORD
    > 3 MINYAK RAMBUT BRYLCREAM ( HIJAU )
    > 4 RACUN SERANGGA JENIS SPRAY SEPERTI SHELTOX, BAYGON & MORTIN
    > 5 SELURUH UBAT BATUK JENIS SIRAP
    > 6 KESELURUHAN BALL PEN DAKWAT KERING
    > 7 TONIK BAYI GRAPE WATER, TONIK WATERBERRY COMPOUND

    Kami dalam keresahan memohon ampun dan maaf terlewat memberutahu perkara di atas. Pastikan Pakaian anda tidak terkena bahan-bahan diatas terutama pakaian sembahyang. TOLONG CETAK DAN EDARKAN RISALAH INI KPD SEMUA SAUDARA ISLAM KITA.

    Confirm – Pringles Potato Chips – tidak HALAL !!

    AMARAN OLEH KERAJAAN M’SIA BERHATI-HATI SEBELUM MAKAN!

    Ref. Message: Pringles Potato Chips

    Looks like you have to find another alternative to munch.
    Just to let you and gang know…….. I have checked. It’s true that the chips contain Emulsifier.

    Dr Safurah Hj Jaafar ;
    Principal Assistant Director;
    Ministry of Health , Malaysia ;
    Tel: 03-2540088.

    TOP URGENT…… .. PLS FORWARD TO OUR MUSLIM FRIENDS… Forward
    this to your pork-free muslim friends. Beware of what ou eat.

  16. salam,
    saya dapat satu produk dari baja, tetapi kalau bercerita dalam konteks halal, bolehlah saya kategorikan baja ini bebas kimia tetapi bukan juga organik. Yang hebatnya ia dihasilkan dari buangan/sisa kilang makanan, tiada najis haiwan dan lain2 yang subhah. Baja ini dijangka akan menjadi pilihan pekebun/peladang kerana kesannya yang amat cepat 100% berbanding baja kimia dan 300% berbanding baja organik. Sesuai dengan saranan banyak negara yang mahu bebas dari kimia yang mendatangkan kesan jangka panjang kepada manusia dan tanah. Yang penting ianya halal dan power!

  17. ingin tahu..
    adakah ‘KINDER JOY’ HALAL???

  18. SENARAI BARANG MENGANDUNGI LEMAK BABI,BINATANG TIDAK HALAL,GELATIN&ALKOHOL SMS NAMA&ALAMAT KEPADA 0173576822

  19. Kebenaran maklumat tentang artiket non-halal foods tersebut dipertikaikan.

    Ini kerana, Dr Safurah Jaafar tidak terlibat dalam penyebaran maklumat itu and ini telah mencemar nama baik Dr Safurah Jaafar, sebagai Pegawai Perubatan serta kewibawaan beliau sebagai Pengarah Pembangunan Kesihatan Keluarga di KKM .

    Untuk makluman sekalian, Dr Safurah Jaafar telah pun membuat laporan polis di Balai Polis Batu 9, Cheras pada 25 Mac 2009 ( No repot: PRESINT 7/001926/09), yang menafikan penglibatan beliau dalam penyediaan senarai barangan dan makanan tidak halal serta penyebaran senarai tersebut melalui internet untuk makluman umum.

    • ASM,

      Sebenarnya saya baru sahaja terjumpa laman web ini apabila ada ahli daripada forum PPIM merujuknya. setelah membaca sepintas lalu tajuk dan komen ahli forum, saya terpanggil untuk memberikan pandangan berdasarkan fakta sains dan teknologi makanan (bidang PhD saya adalah “food biochemistry”).

      Lazimnya dalam isu halal-haram ini, kekeliruan dan kerungsingan timbul akibat daripada kurangnya ilmu kita dalam perkara tersebut. Sebagai contoh, ada yang mengatakan gelatin daripada lemak babi? Yang lain pula mengatakan pengemulsi E471 daripada lemak babi dan bermacam-macam lagi. Apa yang dikhuatirkan adalah kita umat Islam menjadi bahan mainan/momokan oleh musuh-musuh Islam yang suka melihat kita hidup dalam ketakutan lantaran kejahilan kita sendiri atau kadang-kadang sifat fanatik melampau kita!

      Untuk ruang ini, saya cuma sentuh 2 perkara, gelatin dan E471:

      1. Gelatin (larut air) adalah agen pengel/pemekat yang dihasilkan daripada kolagen (collagen) haiwan (tak larut air) melalui hidrolisis separa menggunakan asid/alkali atau enzim (endopeptidase) sebagai mangkin (catalyst). Kolagen banyak terdapat dikulit dan tulang haiwan. Mengikut Mazhab Maliki dan Hambali, ia halal dimakan walaupun daripada sumber yang tak halal (tapi mazhab Syafiei mengharamkannya sekiranya sumber collagen adalah daripada haiwan yang tak halal dimakan). Alasan yang mereka beri adalah berdasarkan konsep istihalah (transformation). Dalam kes gelatin, kolagen (tak larut air) ditukar kepada gelatin (larut air) menggunakan agen yang halal (asid/alkali); justeru berdasarkan konsep istihalah, gelatin adalah harus digunakan kerana telah berubah nama (kolagen —-> gelatin) dan sifat-sifat (tak larut air ——> larut air).

      2. Pengemulsi E471 : Monoacylglycerol :

      Dihasilkan melalui tindak balas glycerolysis antara lemak/minyak dengan glycerol ATAU tindak balas alcoholysis antara lemak/minyak dengan alcohol. Di Malaysia E471 adalah halal kerana ia dihasilkan daripada minyak sawit. Perlu diingatkan glycerol adalah juga produk hidrolisis lemak/minyak (lemak/minyak + air ——-> asid lemak + gliserol). Jadi E471 bukan lemak babi!

      Sekian. Wassalam.

  20. Assalamualaikum:

    Terimakasih atas informasi yang anda terima,sungguh menghampakan makanan yang disukai orang islam ada mengandungi organ2 dan lemak2 khindzir.Sebab itu budak-budak kita bukan main liat dan malas hendak mengerjakan shalat termasuk saya.Dan juga kerana makanan dan minuman yang haram jadi pemuda-pemudi islam kita terjebak dengan maksiat dan senang ilmu2 hitam dan sihir menembusi qalbu mereka.Juga senang bagi orang-orang bukan islam memperbodoh2kan kita.Jadi pendapat saya orang islam kita mesti mengeluarkan makanan dan minuman mereka sendiri.Dan jangan beli makanan dan minuman mereka,kalau mengikut jalan sufi orang bukan islam ni kotor dan najis,apa jua makanan pengeluaran mereka tetap kotor dan najis sebabnya mereka tidak istinjaa dan selalu berhadas besar.Sebenar2 makanan dan minuman halal adalah keluaran orang islam sendiri.

    SEKIAN

  21. adakah makanan keluaran TONG GARDEN FOOD PRODUCT, CADBURRY HALAL—- SEBAB terdapat tanda kod tidak halal pada keluarannya iaitu E110 dan E471. kebanyakkan makanan yang saya beli ada logo halal jakim tetapi terdapat kod nombor makanan tidak halal, apa yang harus saya lakukan untuk benar-benar memastikan makanan yang ada logo halal jakim itu benar-benar halal. tolong balas email saya dengan segera

  22. Saya ingin tahu berkenaan susu bayi yang saya gunakan berjenama Enfapro/Enfagrow dari syarikat Mead johnson, dari pengetahuan saya mead johnson berasal dari U.S, yang saya risau sekarang tiada tanda hahal hari jabatan agama islam di malaysia ini yang hanya ada tanda halal cuma dari thailand (The Central Islamic Commettee Of Thaniland) sedang kan pengilang baralamat di petaling jaya selangor. Sila bantu saya untuk pengesahan dan saya ingin menggunakan nye tanpa was-was dan saya tidak mahu bayi saya diberi susu yang tidak halal. terima kasih tuan.

  23. salam semua,

    just nak share skit…kepada sesiapa yang suka sangat makan cheese dan produk seangkatan dengannya…..silalah beralih ke produk keluaran syarikat muslim d’qisra……dikenali dengan nama TJA cheese……sah halal, produk IKS…cheese berasaskan kelapa sawit…..produk ni dah masuk rancangan IKS di tvi satu last week…..jauh lebih murah dari cheese yg diimport….berkualiti dan kaedah pembuatan yang bersih…check their website……ok.itu je….ingatlah mencari yang halal itu wajib, wasalam.

  24. Acar Enterprise – 0126725610: Produk Makanan Halal Buatan Malaysia Di Selangor: Lemang, Lontong, Ketupat, Rendang Tok, Serunding, Acar Buah, Sagon, Dodol, Wajik, Sos Rojak

    Artikel Penuh: http://goo.gl/ppuy1

  25. RM20/Dewasa & RM10/4-12 Tahun: Steamboat dan BBQ sepuas hati di Kuang, Selangor, Malaysia. SELAMAT DATANG KE KAFE D’MANGGIS@CAFE D’MANGGIS

    Artikel Penuh: http://goo.gl/vr8qW

  26. Assalamualaikum kepada semua muslimin dan muslimah…… saya ada satu soalan…. Mengapakah sebahagian daripada sunnah nabi dan fatwa yang ada didalam Quran tidak diikuti secara menyeluruh??… Contohnya, hukum mencuri barang seseorang, tangan yang digunakan untuk mencuri itu mesti dipotong.. Kenapa? Apa sebabnya dan jika hukum itu tidak dilaksanakan, bukankah itu dinamakan melanggar sunnah Rasulullah?

  27. saya ada satu produk ubat gigi yang akan impot untk pasaran dimalaysia.Hasil penggunaan nya amat bagu.berkesan dan penilaian saya adalah diantara yang terbaik untuk menyelesaian masaalah gigi sentive,sakit gigi,sakit gusi,bau mulut dll.dalam ,masa singgkat selesai masalah tersebut.

    Apa cara untuk mendapat setatus halal produk ini.saya rasa taraf nya sama dengan ubat gigi colget.

  28. Sea Food dari Siput (Gongong)
    Posted on Desember 18, 2011 by imbalo | Sunting

    Festival Sea Food di Batam
    Angciu dalam botol

    Angciu dalam botol

    Baru baru ini di Batam diadakan perlombaan memasak Gonggong (sejenis siput laut). Rekor memasak gongong ini masuk rekor MURI karena terbanyak peserta yang memasaknya lebih dari 500 orang. Tidak dinilai jenis bumbunya atau pun cara penyajiannya.

    Terlihat dalam salah satu photo yang disajikan koran lokal Batam seorang koki dari salah satu perguruan tinggi di Batam sedang mendemontrasikan cara memasak gongong dengan api menyala-nyala. Dalam photo itupun terlihat beberapa ibu-ibu yang pakai kerudung dan pejabat teras Kota Batam.

    “Berdasarkan statement kokinya langsung pada demo masak kemarin semua bumbu masak alami dan tidak sedikitpun menggunakan alkohol” demikian tulis M Riza Pahlevi dari Batam Pos dalam sms nya menjawab pertanyaan YLKM Batam. Selanjutnya Riza pun menuliskan bahwa semua hadirin yang menyaksikan kemarin pasti mendengarnya.

    Penggunaan Ang Ciu

    Mengingatkan saja untuk masyarakat Muslim penggemar sea food atau masakan laut. Ada beberapa menu masakan sea food yang biasa di pesan dirumah makan sea food, yaitu sop ikan, ikan bakar, tumis kangkung, baby kaylan, udang goreng tepung, cah taoge ikan asin, sotong goreng tepung, cap cay.

    Biasanya makanan yang proses masakannya dengan ditumis, tak lepas dari angciu yaitu bumbu masakan cina yang artinya adalah arak merah.

    Angciu bukanlah suatu bahan tambahan atau bumbu yang ditambahkan alkohol melainkan angciu sendiri adalah artinya arak merah dalam bahasa cina.

    Jelas sekali kalau arak adalah jenis khamar yang kadar alkoholnya sangat tinggi. Jadi seandainya ingin makan di sebuah restaurant yang menghadirkan makanan tersebut diatas, pastikan mereka tidak menggunakan arak tersebut.
    Biasanya ciri-ciri rumah makan yang menggunakan angciu adalah pada saat memasak akan timbul nyala api yang cukup besar.

    Ada yang mengatakan bahwa bumbu yang hanya ditambahkan sedikit saja tidak mengharamkan makanan tersebut. Padahal jelas dalam Alquran tidak ada ayat yg menyebutkan bahwa boleh ataupun halal mengkonsumsi alkohol sedikit misalnya 1 % .

    Penggunaan angciu ini biasanya hanya sekedar sebagai aroma agar makanan tersebut tercium kelezatannya. Oleh karenanya sudah banyak rumah makan dan koki-koki yang sadar akan kehalalan, segera menggantikan angciu dengan air jahe segar atau bisa juga kecap asin yang ditambah dengan perasan air jeruk nipis atau lemon.

    Kalau untuk restaurant jepang biasanya mereka menggunakan sejenis mirin atau sake (sejenis arak)untuk bumbu masakannya. Biasanya jarang restaurant jepang yang tidak melepaskan bumbu mirin ini.

    Jadi Restaurant Jepang yang belum mendapatkan sertifikat halal biasanya kebanyakan memang masih menggunakan bumbu ini.

    Jika Masakan cina yang sudah banyak dihidangkan dirumah makan pinggir jalan/pujasera ataupun food court bisa diakali dengan bumbu-bumbu alami yang lain, untuk masakan jepang agak sulit. Karena masakannya pun jarang dikonsumsi khalayak ramai sebagaimana masakan sea food ala cina (penulis mengatakan demikian karena budaya masakan cina memang sudah mendarah daging di Indonesia) dan kebanyakan di daerah-daerah yang mempunyai menu masakan yang berbeda-beda, masakan sea food ala cina ini pun sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga penyajiannya pun juga berbeda-beda.

    Beberapa alternatif pengganti bahan-bahan tambahan yang beralkohol :

    Ang Ciu : Alternatifnya adalah campuran kecap asin dan perasan jeruk limau.

    Mirin : Alternatifnya adalah jus anggur yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.

    Red Wine : Alternatifnya adalah jus anggur, jus cranberry dan jus tomat.

    Bourbon : Alternatifnya adalah ekstrak vanilla, jus cranberry atau jus anggur.

    Brandy : Alternatifnya adalah sirup buah cerry atau selai cerry.

    Muscat : Alternatifnya adalah jus anggur yang ditambah dengan air dan gula putih.

    Vodka : Alternatifnya adalah sari buah apel atau jus anggur dicampur dengan perasan jeruk nipis.

    White brandy : Alternatifnya adalah anggur, sari buah apel, kaldu sayuran maupun air biasa.

    Apple Brandy : Alternatifnya adalah jus apel tanpa pemanis.

  29. Sea Food dari Siput (Gongong)

  30. assalam.. saya dan family amat menyukai makan “fast food” terutama KFC, A&W, Mcd.. boleh tak tuan dan puan beritau sy seklga mengenai halal atau tidak daripada bahan2 yg digunakan nya..

    terima kasih.

  31. salam.. saya nak tahu sekiranya pewarna rambut yang ada cop halal jakim benar2 halal..iaitu halal dari segi solat..adakah cume ia tidak dibuat dari bhn halal tetapi tidak telap air.. saya dengar,ia dibuat drpd bnda halal tetapi tidak telap air..kalau ada yang telap air,sila nyatakan,,terima kasih

  32. Wa-alaikumussalam wbt.,

    Pewarnaan rambut melibatkan tindak balas kimia in situ dan ada 3 jenis :
    1) reactive hair dying : tindakan kimia in situ (berlaku di batang rambut) antara bahan kimia asas (Toluene 2,5-diamine sulfate) dgn coupler (umumnya sebatian phenols, jenis berbeza memberikan warna/redupan berbeza2) tindakan garam plumbum (Pb) dgn gugusan thiol (-SH) pada keratin rambut membentuk PbS yang berwarna hitam (Perhatian : sebatian yg mengandungi Pb adalah beracun!)
    3) pembentukan polimer antara quinone dalam daun inai (dinamakan lawsone) dengan keratin rambut membentuk warna keperangan (ausburn).
    Umumnya ramuan pewarna rambut hampir serupa dgn kream rambut – mengandungi secondary surfactant yang boleh dibuang dengan mencuci. Oleh itu ia tak mencegah air sampai kepada batang rambut/kulit kepala. Itulah sebabnya kenapa JAKIM memberikan cap halal.

    Wassalam.

  33. assalamualaikum..jadi,pewrna yang ada tanda halal jakim boleh dibawa solat la??

  34. Wasm,
    Ya sebab ia tak mengandungi lemak/minyak yang boleh menghalang air sampai ke batang rambut. Yang ada adalah bahan aktif (bahan kimia yang bertindak dengan protein rambut membentuk warna, atau masuk ke dalam rambut dan berlaku tindak balas kimia in situ), surfaktan dan perapi (conditioner) yang boleh dibilas dengan air; sama halnya dengan syampu.

    Wassalam.

  35. assalammualaikum..
    Saya ingin dapatkan kepastian/penerangan daripada pihak jakim atau mana-2 jabatan yang mengendalikan sijil halal,tentang ciri-ciri atau prosedur sesuatu syarikat pengeluar itu boleh mendapat sijil halal.
    Apa yang kita tahu barangan halal ini mestilah halal & touyibah (suci lagi bersih),tapi bagaimana pihak jakim mengklasifikasikan sifat suci bagi pengeluar barangan seandainya pihak pengeluar itu bukan orang islam .yang mana kita tahu mereka tidak akan suci dari hadas kecil & besar hingga memeluk agama islam (mungkin hanya bersih saja)
    bagaimana sijil & logo halal ini dibenarkan kepada syarikat bukan islam(dalam & luar negara) berada didalam pasaran untuk kegunaan umat islam.
    sekiranya ini tidak mematuhi syarat syariah,apakah logo halal yang ada sekarang hanya logo untuk mengelirukan umat islam.

  36. apakah royal gold fish sauce halal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

%d bloggers like this: